Jam & Kalender

Kamis, 06 April 2017

Salat Sunah Berjamaah dan Salat Sunah Munfarid

1.Pengertian Salat Sunah Berjamaah
    Kata jamaah berasal dari bahasa arab yang artinya bersama atau berkumpul.Salat sunah berjamaah yaniti salat sunah yang dilakukan secara bersama - sama atau satu orang menjadi imam dan yang lainnya menjadi makmum.
    Ada beberapa salat sunah yang harus dilaksanakan secara berjamaah dan dapat pula salat sunah yang dilaksanakan secara munfarid.Jenis salat sunah seperti ini biasanya lebih banyak dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah.Hal ini dibedakan dari cara melaksanakan salat sunah dan syarat pelaksanaan salat sunah tersebut.Salat berjamaah mempunyai keutamaan lebih tinggi daripada salat munfarid.

2.Pengertian Salat Sunah Munfarid
    Kata munfarid berasal dari bahasa Arab yang artinya sendiri.Salat sunah munfarid dilakukan oleh satu orang saja,tidak ada imam dan tidak ada makmum.
    Pada umumnya salat sunah dilaksanakan secara munfarid atau sendirian karena sebaik - baik salat seseorang adalah salat yang dilaksanakan di rumah masing - masing kecuali salat fardu.Jadi,selain salat fardu lebih baik di laksanakan di rumah masing - masing.


Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam Kelas IX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar