Jam & Kalender

Kamis, 06 April 2017

Oragan Reproduksi Pada Manusia

1.Organ Reproduksi Pria
           Organ reproduksi pria mempunyai dua fungsi reproduksi sel kelamin dan pelepasan sel-sel ke saluran sel kelamin wanita.Organ reproduksi pria terdiri atas empat bagian utama ,yaitu testis ,vas defferens ,kantong sperma,dan penis.

a.Testis
    Testis berjumlah sepasang dan berbentuk bulat telur.Testis tersimpan dalam suatu kantong yang disebut skrotum atau kantong buah zakar.Testis berfungsi sebagai tempat pembentukan sel sperma dan hormon kelamin (testosteron).

b.Vas defferens
     Vas defferens merupakan saluran yang menghubungkan testis dan kantong sperma.Vas defferens berjumlah sepasang .Bagian ujungnya terletak di dalam kelenjar prostat.

c.Kantong sperma
    Kantong sperma berjumlah sepasang dan berfungsi untuk menampung sperma sebelum di keluarkan dari tubuh seorang pria.

d.Penis
   Di dalam penis terdapat uretra yang berfungsi sebagai saluran urine dan saluran sperma


2.Organ Reproduksi Wanita
       Organ reproduksi seorang wanita terdiri atas ovarium ( indung telur ),oviduk/tuba fallopi( saluran telur), dan vagina.

a.Ovarium
     Ovarium berjumlah sepasang dan berfungsi menghasilkan sel telur (ovum).Ovarium terletak di rongga perut tepatnya di daerah pinggang kiri dan kanan.Ovarium di selubungi oleh kapsul pelindung dan mengandung beberapa folikel.

b.Oviduk
      Oviduk berjumlah sepasang dan berfungsi menggerakkan ovum ke arah rahim dengan gerakan peristaltik.Ujungnya berbentuk corong berjumbai-jumbai (fimbrae).

c.Vagina
     Vagina berfungsi sebagai organ persetubuhan dan untuk melahirkan bayi.Organ tersebut mempunyai banyak lipatan sehingga pada saat melahirkan dapat mengembang .Dalam vagina terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan oleh suatu kelenjar,yaitu kelenjar bartholini.


Sumber : Buku Ilmu Alam Sekitar Kelas IX


Tidak ada komentar:

Posting Komentar