Jam & Kalender

Rabu, 05 April 2017

Alat Indra

1.INDRA PENGLIHAT
          Indra penglihat manusia berupa mata,mata berbentuk bulat ,sedikit pipih dari arah depan ke belakang .Bola mata atau biji mata terletak di dalam rongga mata dan dilindungi oleh tulang tulang tengkorak .Bagian luar bola mata dilindungi oleh kelopak mata.Tepat di atas sudut luar mata terdapat kelenjar air mata yang berfungsi membasahi dan membersihkan permukaan mata.

2.INDRA PENDENGAR 
          Telinga manusia merupakan organ yang sangat kompleks.Telinga manusia merupakan saluran yang terbuka di bagian luar dan bersatu dengan tulang tengkorak
          Telinga merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk mendengar suara atau bunyi.Suara yang dapat kita dengar adalah suara suara yang memiliki frekuensi antara 20 Hz-20.000Hz.

3.INDRA PERABA
            Indra peraba pada tubuh manusia adalah kulit.Di kulit terdapat beberapa organ pengindraan khusus disebut reseptor.Reseptor merupakan percabangan akhir dendrit dari neuron sensorik.

4.INDRA PEMBAU
            Indra pembau pada tubuh kita berupa hidung.Di dalam rongga hidung bagian atas terdapat serabut serabut saraf pembau dengan sel-sel pembau di ujungnya.Serabut-serabut saraf itu bergabung menjadi urat saraf pembau yang menuju pusat pembau di otak.

5.INDRA PENGECAP
           Indra pengecap merupakan hasil stimulasi ujung saraf tertentu .Pada manusia ,ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu,terletak pada lidah di bagian depan hingga belakang.Makanan yang dikunyah bersama air liur memasuki kuncup pengecap melalui pori -pori bagian atas.hhhgghh

Sumber : Buku Ilmu Alam Sekitar Kelas IX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar